Profil Ernanda Putra, Desainer Erspo yang Viral di Twitter



JakartaHerald.com - Berikut adalah profil dan biodata Ernanda Putra yang namanya viral di Twitter hingga Minggu, 31 Maret 2024 dini hari WIB.

Ernanda disebut tidak menerima kritik atas desain seragam timnasnya.

Awalnya, coach Justin memberikan ulasan terhadap jersey Timnas Indonesia dari Erspo dalam channel YouTube Regista. Ia meninjau jersey tersebut bersama Pangeran Siahaan dan Hanif Thamrin.

Coach Justin menyatakan, "Logo ini (Garuda) terlihat seperti hanya ditempel saja. Tidak ada keeksklusifan sama sekali. 

Menurut saya, jika dijual seharga Rp600 ribu (replica), nilai yang sebenarnya hanya sekitar Rp150 ribu."

Ia menambahkan, "Saya mencoba untuk objektif, kerahnya cukup bagus." 

Profil Ernanda Putra, Desainer Erspo yang Viral di Twitter

Sejak diluncurkan, jersey ini mendapatkan banyak kritik dari warganet di media sosial. Banyak yang menganggap desainnya terlalu sederhana, motif siluet petir yang di-copy paste dari Liga Inggris, font yang kurang presisi, dan filosofi jersey yang terkesan dibuat setelah desain jersey selesai.

Salah satu desainer yang menjadi sasaran kritik adalah Ernanda Putra, founder Makna Group, agensi yang mendesain jersey Timnas Indonesia ini. 

Ernanda Putra merupakan seorang kreatif di bidang desain grafis, fotografi, dan media sosial di Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Desain Grafis di Universitas Pelita Harapan pada tahun 2006.

Ernanda pernah menjabat sebagai Creative Director di FullFill Artplication dari tahun 2010 hingga 2013 sebelum akhirnya menjadi pengajar di almamaternya, Universitas Pelita Harapan selama tujuh tahun mulai dari tahun 2015 hingga 2022.

 Ernanda telah menikah dengan Ellyse Sinsilia dan kini memiliki dua orang anak.

Makna Group didirikan oleh Ernanda dengan tujuan untuk meningkatkan posisi desainer grafis di Indonesia agar lebih dihargai dan bisa bersaing global. 

Ernanda berharap agar proyek-proyek yang dihasilkan oleh Makna Group dapat mendorong orang-orang di industri kreatif untuk lebih berani bereksperimen di berbagai bidang.

Ernanda tidak ingin terpaku pada proyek-proyek biasa-biasa saja, namun ia ingin terlibat dalam proyek-proyek besar yang dapat memengaruhi banyak orang. 

Hingga saat ini, Makna Group lewat lini bisnis Makna Creative telah berhasil menyelesaikan sejumlah proyek dari brand-brand besar di Indonesia seperti Bukalapak, AXE, The Matter Halo, Tiket.com, Superga, Telkom Indonesia, AIA, Tokopedia, Our Daily Dose, hingga kolaborasi dengan Timex.

Ernanda Putra tidak berjuang sendirian, ia dibantu oleh tim kreatif di Makna Group seperti Ellyse Sinsilia, Jordy Yohannes, Alexander Averil, Stephen Oei, Iyas Lawrence, Nadira Ramadhani, Emma Montez, Feisa Nindis, Samuel, Satrio Tutuko, dan Gilang Prabu. 

Dengan kerja sama yang solid, tim ini selalu berusaha memberikan hasil terbaik dalam setiap proyek yang mereka kerjakan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas desain, Ernanda Putra dan tim Makna Group terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat memberikan kontribusi positif bagi industri kreatif di Indonesia. 

Meskipun mendapat kritik atas desain jersey terbaru Timnas Indonesia, Ernanda Putra tetap bersemangat untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik dalam setiap proyek yang dijalani.


0 Komentar